Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
Konsep dari object oriented programming (OOP) adalah lebih dari sekedar sebuah konsep pemrograman, Object oriented programming adalah cara berpikir tentang aplikasi yang mempelajari untuk berpikir bahwa aplikasi bukan sekedar prosedur melainkan sebagai object. Object yang dimaksud disini memiliki pengertian suatu modul yang mengkombinasikan antara data dan kode program yang bekerja sama dalam program dengan melewatkan proses satu sama lain. Jadi object oriented programming merupakan cara yang paling efisien untuk menulis program komputer yang sangat mudah untuk di kombinasikan dan untuk dipergunakan kembali.
Object oriented programming lebih memfokuskan kepada manipulasi object. Kenapa seorang programmer harus mempelajari object oriented programming bahkan seorang programmer yang tidak pernah bekerja dengan object oriented programing pun harus mempelajarinya juga. Hal ini dikarenakan pada suatu hari nanti semua bahasa pemrograman akan menambahkan kemampuan object oriented programming pada bahasanya.
-Class
Class adalah ‘cetak biru’ atau ‘blueprint’ dari object. Class digunakan hanya untuk membuat kerangka dasar. Yang akan kita pakai nantinya adalah hasil cetakan dari class, yakni object.
Berikut adalah contoh penulisan class:
1
2
3
4
5
| <?php class laptop { // isi dari class laptop... } ?> |
-Property
Property (atau disebut juga dengan atribut) adalah data yang terdapat dalam sebuah class. Melanjutkan analogi tentang laptop, property dari laptop bisa berupa merk, warna, jenis processor, ukuran layar, dan lain-lain.
Berikut adalah contoh penulisan class dengan penambahan property:
1
2
3
4
5
6
7
8
| <?php class laptop { var $pemilik ; var $merk ; var $ukuran_layar ; // lanjutan isi dari class laptop... } ?>
|
-Method
Method adalah tindakan yang bisa dilakukan didalam class. Jika menggunakan analogi class laptop kita, maka contoh method adalah: menghidupkan laptop, mematikan laptop, mengganti cover laptop, dan berbagai tindakan lain.
Berikut adalah contoh penulisan class dengan penambahan method:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
| <?php class laptop { function hidupkan_laptop() { //... isi dari method hidupkan_laptop } function matikan_laptop() { //... isi dari method matikan_laptop } ... //isi dari class laptop } ?> |
-Object
Object atau Objek adalah hasil cetak dari class, atau hasil ‘konkrit’ dari class. Jika menggunakan analogi class laptop, maka objek dari class laptop bisa berupa: laptop_andi, laptop_anto, laptop_duniailkom, dan lain-lain. Objek dari class laptop akan memiliki seluruh ciri-ciri laptop, yaitu property dan method-nya.
Sebagai contoh, berikut adalah cara membuat objek laptop_andi dan laptop_anto yang dibuat dari class laptop:
1
2
3
4
5
6
7
8
| <?php class laptop { //... isi dari class laptop } $laptop_andi = new laptop(); $laptop_anto = new laptop(); ?>
|
Proses ‘mencetak’ objek dari class ini disebut dengan ‘instansiasi’ (instantiation). Pada PHP, proses instansiasi dilakukan dengan menggunakan keyword ‘new’. Hasil cetakan class akan disimpan dalam variabel untuk selanjutnya digunakan dalam proses program.
-Instance Variables (tidak statis).
Dalam bahasa pemrograman berorientasi objek, objek menyimpan variabel yang tidak dideklarasikan dengan kata kunci static dalam kategori non-statis, atau dapat berubah-ubah. Suatu kelas dapat dijelmakan ke dalam beberapa objek. Nilai yang terkandung dalam variabel tak-statis ini berbeda untuk setiap objeknya. adalah atribut untuk tiap obyek dari class yang sama. Instance variable adalah variabel yang memiliki nilai yang berbeda di setiap objek Instance Variable, adalah atribut untuk tiap objek dari class yang sama. Jadi, objek-objek di dalam sebuah class kemungkinan mempunyai nilai (value) yang berbeda karena atribut diberikan kepada masing-masing objek.
-Instance method
Secara singkat instance method adalah methodnya object yaitu method yang hanya bisa dibaca setelah class tersebut diturunkan ke object. Instance method adalah method yang ditakrifkan untuk sesuatu instance (objek suatu kelas) Instance Method bisa dikatakan juga sebagai fungsi yg beroperasi pada objek untuk memanipulasi state objek lewat pesan yg diterima dari obek lain.
Contoh Program Class Barang
public class motor {
private String merk;
private String warna;
private String jenis;
public String getJenis() {
return jenis;
}
public void setJenis(String jenis) {
this.jenis = jenis;
}
public String getMerk() {
return merk;
}
public void setMerk(String merk) {
this.merk = merk;
}
public String getWarna() {
return warna;
}
public void setWarna(String Warna) {
this.warna = warna;
}
public void tampilkandata() {
System.out.println("merk motor :"+getMerek());
System.out.println("warna motor :"+getWarna());
System.out.println("jenis motor :"+getJenis());
}
public void inputData(String m,String w,String j) {
setMerk(m);
setWarna(w);
setJenis(j);
}
}
Contoh Program Java: Perhitungan Aritmatika
package latihan;
public class Latihan {
public static void main(String[] args) {
// deklarasi variabel
double panjang = 25;
double lebar = 10;
double jumlah;
double kurang;
double kali;
double bagi;
double modulus;
//proses operasi
jumlah = panjang + lebar; // operasi Penjumlahan
kurang = panjang - lebar; // operasi Pengurangan
kali = panjang * lebar; // operasi Perkalian
bagi = panjang / lebar; // Operasi Pembagian
modulus = panjang % lebar; //operasi Modulus
//mencetak hasil
System.out.println("Hasil Penjumlahan : " + jumlah);
System.out.println("Hasil Pengurangan : " + kurang);
System.out.println("Hasil Perkalian : " + kali);
System.out.println("Hasil Pembagian : " + bagi);
System.out.println("Hasil Modulus : " + modulus);
}
}
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PBO
dengan judul Konsep Objek (PBO). Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Faruqi's Blog
Ditulis oleh:
Etri - Senin, 20 Februari 2017
Belum ada komentar untuk "Konsep Objek (PBO)"
Posting Komentar